Selasa, 11 April 2017

Apa Saja Hubungan ISK Dengan Kehamilan?

Hubungan ISK dengan kehamilan memang dapat berkaitan apabila wanita tidak bisa menjaga kesehatan terutama kebersihan pada masa kehamilannya. Berikut adalah penjelasan mengapa wanita hamil berisiko tinggi mengalami ISK (Infeksi Saluran Kencing).

Apa yang dimaksud dengan ISK?

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika sistem kemih Anda menjadi terinfeksi oleh bakteri. Anda lebih rentan terhadap ISK selama kehamilan karena perubahan hormon tubuh Anda. Hormon progesteron akan melemaskan otot-otot tabung (ureter) yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih Anda. Ini dapat memperlambat aliran urin dari ginjal ke kandung kemih Anda.

ISK sangat berisiko untuk wanita hamil melahirkan prematur dengan berat bayi yang sangat rendah. Hal tersebut terjadi karena ISK dapat mengiritasi rahim Anda yang membuat bayi lahir lebih cepat. Karena selama kehamilan, rahim akan terus membesar yang dapat berisiko mengembangkan bakteri didalamnya sehingga berisiko mengganggu perkembangan janin yang sedang dikandung. Pengobatan Antibiotik ISK yang tepat dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal ini.

Apa penyebab ISK?

Perubahan fisik karena hormon yang terjadi selama kehamilan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Sebagai permulaan, perubahan hormonal menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri ISK penyebab (biasanya coli Escherichia dikenal sebagai E. coli) untuk berkembang.

Peningkatan progesteron menyebabkan otot-otot yang melapisi urethras urine pembuatan untuk bersantai, yang dapat memungkinkan bakteri untuk bangkit ke dalam kandung kemih dan mungkin ginjal lebih mudah daripada ketika Anda tidak hamil. Rahim yang membesar Anda juga dapat mencegah Anda dari mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya ketika buang air kecil, dan ini meninggalkan kolam urin di mana bakteri dapat berkembang biak

Apa saja gejala ISK?

Hal ini dimungkinkan untuk memiliki ISK tanpa gejala. Itulah mengapa Anda harus ditawarkan tes urine sebagai bagian awal dari perawatan antenatal Anda. Jika bakteri ditemukan dalam urin selama kehamilan, Anda mungkin akan ditawarkan antibiotik untuk membersihkan infeksi, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala. (Hubungan ISK dengan kehamilan)

Gejala ISK mungkin termasuk:
  • sakit di bagian bawah perut atau punggung, kadang-kadang terasa ringan hingga timbul sensasi terbakar atau gejala parah lainnya
  • frekuensi berkemih menjadi lebih sering dan sering terasa mendesak
  • adanya darah dalam urin Anda
  • perasaan kurang sehat
Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut selama kehamilan, segera periksakan diri ke ahli kesehatan atau atasi dengan cara sederhana untuk mencegah kondisi yang lebih parah yang akan berisiko menyebar ke organ ginjal.

Gejala dalam hal ini juga dapat mencakup:
  • suhu tinggi melebihi 38 derajat celcius
  • sakit terus-menerus di punggung atau bagian panggul
  • gemetar dan menggigil
  • mual dan muntah
  • diare
  • sakit kepala
Biasanya, dokter Anda akan menguji urine Anda untuk bakteri dan meresepkan antibiotik jika Anda membutuhkannya. Antibiotik efektif untuk infeksi kandung kemih meskipun Anda sedang hamil.

Sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat dengan cepat, karena dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi ginjal dapat berkembang menjadi sepsis yang terjadi ketika tubuh mulai menyerang jaringan dan organ sendiri.

Bagaimana Cara Menghindari ISK ?

Tidak ada cara yang sangat mudah untuk mencegah infeksi saluran kemih, tetapi ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk membantu meminimalkan kesempatan Anda untuk mengalami ISK.Pencegahan dapat juga membantu penyembuhan agar ISK lebih cepat sembuh.
  • buang air kecil sebelum dan setelah berhubungan seks
  • mengurangi penyebaran bakteriusahakan keadaan tubuh bersih setelah berhubungan seks
  • Gunakan pembersih tanpa pewangi untuk mencegah iritasi
  • Minum air putih sebanyak mungkin minimal 2 liter perhari.
  • Batasi asupan kafein dan coklat adalah beberapa zat yang dapat mengiritasi kandung kemih dan peradangan yang membuat bakteri lebih mungkin untuk berkembang.
 Itulah Hubungan ISK dengan kehamilan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Terkait

Description: Apa Saja Hubungan ISK Dengan Kehamilan? Rating: 4.5 Reviewer: Candra Marmara ItemReviewed: Apa Saja Hubungan ISK Dengan Kehamilan?
Al
Mbah Qopet Updated at: 00.58

0 komentar:

Posting Komentar